April 10, 2012

Kenari Mule

kenari mule

Sudah lama saya ingin menulis tentang kenari Mule ini, baru saat ini bisa terealisasi untuk menulisnya. Menurut saya ada yang istimewa dari kenari Mule ini, pertama karena kecantikan bulunya dan kemerduan suaranya, dan yang kedua adalah burung ini hasil persilangan dalam keluarga burung finch tetapi berbeda genus. Yang pernah dilakukan oleh peternak kenari di Indonesia pada umumnya adalah menyilangkan kenari dari satu genus, misalnya kenari (Serinus serinus) dengan blackthrout (Serinus Atrogularis) keduanya sama-sama dari genus Serinus, hasil silangannya oleh penyilangnya diberi nama blacken (blackthrout-kenari).

Lain halnya dengan kenari Mule, dihasilkan dari persilangan antar genus misalnya kenari Norwich Fancy (Serinus canaria domesticus) dikawinkan dengan varietas besar keluarga fich lainnya, misalnya Goldfinch (Carduelis carduelis), Bullfinch (Pyrrhula pyrrhula), Siskin (Carduelis cucullata) dan Chaffinch (Fringilla coelebs), baik Goldfinch jantan atau betina dapat digunakan dalam perkawinan, persilangan yang dibuat biasanya menggunakan burung kenari betina. Hasil dari persilangan inilah yang menghasilkan kenari Mule, merupakan burung yang sangat manis ditandai dengan lagu yang berkualitas unggul.

Dalam membuat persilangan itu sebaiknya menggunakan burung kenari betina dengan warna yang cerah misalnya kuning, tujuannya untuk mengimbangi warna gelap dari goldfinch tersebut. Dari hasil persilangan tersebut dihasilkan burung yang biasanya memiliki bulu gelap kehijauan.

Hampir seluruh komunitas pecinta kenari mengakui bahwa burung kenari Mule ini lebih unggul dalam bulu dan lagu. Hanya saja kenari Mule ini memiliki sifat steril sehingga sulit untuk dikembangbiakkan antar sesama kenari Mule.

Penampilan Goldfinch Mule





5 comments :

bisnis online said...

burung yang cantik

wengQ said...

Bos berapa harga bakalan kenari mule per ekornya

Paksya said...

saya tdk memilikinya, hrgnya jg blm mengetahui, utk kenari mule di Indonesia sptx msh agak langka

Tano-Batak said...

Om boleh minta gambar kenari bon seperti apa????

Anonymous said...

Saya punya 1 ekor, tapi ring ada disebelah kanan.. berikut link fotonya : http://imageshack.us/photo/my-images/41/20120705065626.jpg/

Apa peletakan ring di kaki mempengaruhi jenis kelamin?
Terima kasih

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes