January 11, 2012

Sembuhkan Kenari yang Berak Cair dengan Vita Chicks

Penyakit dan obat pada kenari pict

Kendala utama memelihara burung kenari adalah masalah penyakit, saya sendiri sempat shock saat mengetahui ada satu koleksi kenari lizard beraknya cair bening. Melihat ciri dari bentuk beraknya dan kondisi burung yang tetap lincah saya menduga kenari tersebut terindikasi keracunan yang berasal dari pakan sayuran. Hati-hati jika memberi pakan sayuran dan buah pada kenari, pastikan bahwa sayuran dan buah yang akan diberikan pada kenari sudah dicuci bersih sehingga jika ada sisa insektisida yang menempel pada sayuran dan buah tidak termakan oleh kenari.

Tindakan awal saya coba kasih obat Super-N sampai 5 hari tidak juga sembuh, berikutnya saya coba kasih obat Spektra selama satu minggu tidak juga sembuh, tanya ke teman-teman di facebook ada yang menyarankan pakai Trimez tapi saya cari di kios-kios burung tidak ada. Putus asa sudah, selanjutnya kenari yang sakit tersebut saya biarkan saja sambil tetap rutin saya jemur dan untuk pakan sayuran tidak saya berikan dulu.

obat kenari pictSetelah hampir satu bulan lebih saya teringat dengan obat ayam yang sering saya campurkan pada minuman ayam serama, VITA CHICKS. Mulanya ragu juga masak sih obat ayam dikasihkan pada burung, tapi karena darurat maka harus nekat untuk mencobanya. Saya ambil sepotong lidi ujungnya saya celup air dan saya tempelkan pada serbuk VITA CHICKS dan saya campurkan ke minuman burung kenari, walah.. setelah tiga hari si lizard sudah sembuh mencretnya, beraknya sudah normal kembali. Bagaiman menurut pendapat Anda, apa obat untuk ayam bisa digunakan untuk burung? kalau bisa tentulah sangat menyenangkan karena mudah didapat dan harganya sangat murah cuma Rp 1000,- /sachet bisa digunakan untuk 1000 kenari yang sakit.

Semoga pengalaman ini bermanfaat bagi kita semua pecinta kenari...

Tags:




0 comments :

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes