July 28, 2011

Pakan Kenari Kemasan Pabrik

Pakan kenari kemasan pict
Pakan Kenari kemasan pabrik dengan beragam merk sekarang banyak kita jumpai di kios-kios penjual burung atau toko pakan ternak. Dalam memberi pakan kenari membutuhkan kebijaksanaan peternak dalam menentukan jenis pakan yang akan kita berikan. Pakan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi kenari, jika komposisinya tepat dan ditunjang dengan multivitamin dan mineral penunjang lainnya membuat burung kenari yang kita pelihara sehat.

Ketika peternak mengganti merk pakan otomatis komposisi pakannya berubah, dengan perubahan komposisi mengakibatkan kenari harus menyesuaikan dengan pakan yang baru. Ada beberapa kasus ketika ada perubahan komposisi pakan mengakibatkan kenari menjadi malas makan karena harus menyesuaikan dengan racikan pakan terbaru. Kadang-kadang pada saat ganti komposisi pakan, kenari mengalami kerontokan bulu. Bagi peternak kerontokan bulu kenari sangat dihindari kecuali mabung/rontok alami (moulting) setahun sekali.

Untuk hobis yang mempunyai kenari di bawah 10 ekor lebih ekonomis membeli pakan yang sudah jadi dari pada pakan hasil olahan sendiri. Kelebihan pakan yang sudah jadi adalah karena diolah oleh pabrik besar dengan tingkat kebersihan dan komposisi yang lebih baik. Disamping itu produsen besar mempunyai bagian riset dan penelitian tersendiri sehingga lebih optimal. Kelebihannya membeli pakan jadi (ber-merk) tentu tidak merepotkan tinggal pergi ke kios atau pasar burung.

Yang perlu diperhatikan pada saat membeli pakan jadi (bermerk) adalah :

1. Kondisi kemasannya
Kondisi kemasan harus bagus maksudnya kemasannya jangan rusak atau ada yang bocor. Cari kemasan yang kedap udara biasanya kemasan buatan pabrik vakum, dengan kondisi kemasan vakum pakan di dalam kemasan fresh tidak terkontaminasi dengan lingkungan sekitar.

2. Komposisi Pakan
Setiap produsen mempunyai komposisi pakan yang berbeda-beda ada beberapa produsen yang membuat ramuan tertentu yang di mix dengan bijian. Pakan impor rata-rata sudah di campur dengan multivitamin, mineral dan buah-buahan yang dikeringkan. Saat ini beberapa produsen pakan lokal sudah membuat ramuan campuran multivitamin dan mineral seperti pakan impor. Untuk komposisi bijian, multivitamin dan mineral yang terkandung bisa di baca di kemasannya.

3. Kondisi Pakan
Perhatikan kondisi pakan dalam kemasan untuk pakan yang di kemas dalam kemasan tidak transparan bisa di lihat masa kadaluarsanya, ada beberapa perusahaan yang mencantumkan tanggal pembuatan dan tanggal kadaluarsanya dari pakan.

4. Ketersediaan di pasar
Ketersedian pakan di pasaran dan mudah untuk mendapatkannya merupakan salah satu faktor yang menentukan dalam memilih pakan kenari karena berdasarkan pengalaman jika sulit mendapatkannya akan mempersulit peternak kedepannya. Seperti sudah saya sebutkan diatas ketika kenari gonta-ganti komposisi pakan akan mengalami masa penyesuaian yang kadang-kadang mengakibatkan kenari mabung.



0 comments :

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes